5 Tips Aman Wisata Belanja Online

Untuk mendapatkan berbagai produk semakin praktis dengan belanja online. Tak harus menggunakan komputer, karena sudah banyak aplikasi belanja online untuk smartphone. Tinggal pilih barang yang diinginkan, transfer pembayaran dan pesanan agar segera dikirim ke alamat Anda. Maraknya penjual tentunya harus selektif, karena tak semuanya terpercaya. Apa saja  tips aman wisata belanja online yang harus diperhatikan bagi buyer online?


Waspada Dengan Penawaran Harga Kelewat Murah

5 Tips Aman Wisata Belanja Online
Harga murah pastinya sangat menggiurkan semua orang. Tetapi kejahatan juga melanda dunia maya. Salah satunya dalam transaksi jual beli online. Minat masyarakat yang besar untuk belanja online, ternyata dimanfaatkan oleh oknum nakal untuk mengeruk keuntungan semata. Mereka menawarkan produk fiktif dengan harga sangat jauh dari pasaran.

Bagi yang mudah tergiur dengan penawaran tersebut, biasanya akan langsung membeli barang tersebut. Setelah uang ditransfer biasanya penjual sulit dihubungi atau tidak merespon saat ditelfon. Ada juga yang justru melakukan pemerasan kepada konsumen. Berbagai modus sering ditemukan. Karenanya jangan mudah terpikat dengan harga barang yang kelewat murah.

Mungkin ada juga penjual yang mengirim barang pesanan, tapi tidak sesuai pesanan. Semisal tampilannya tidak sesuai foto, kualitas barang rendah dan sebagainya. Sebagai antisipasi, lakukan perbandingan produk dan harga saat akan berbelanja online. Semisal produk gadget dengan merek dan model tertentu.

Kalau harganya sangat jauh dari pasaran, bisa jadi penjualnya adalah penipu. Jangan abaikan tips aman wisata belanja online ini, karena sudah banyak orang tertipu gara-gara terlalu tergiur dengan produk berharga kelewat murah.

Cermati Foto Dan Deskripsi Produk

5 Tips Aman Wisata Belanja Online
Terkadang hanya karena tergiur dengan penampilan foto yang menarik dan harga sangat murah, konsumen akhirnya melakukan transaksi pembelian. Padahal belum mencermati deskripsi produk secara seksama. Barulah setelah barang diterima, ternyata produk tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Penjual online yang profesional, tentu akan memberikan foto dan deskripsi produk dengan jelas dan benar. Tujuannya agar calon konsumen bisa lebih memahami produk yang ditawarkan penjual. Sangat wajar kalau konsumen juga lebih menyukai penjual yang memaparkan deskripsi produknya secara lengkap dan jelas.

Pastikan Penjual Memberikan Garansi Produk

5 Tips Aman Wisata Belanja Online
Sebagai penjual yang profesional, seharusnya bisa memberikan jaminan produk kepada konsumennya. Ketentuan garansi produk bisa saja pada setiap penjual online. Tanyakan hal ini, apabila akan berbelanja online. Pengembalian produk yang tidak sesuai juga harus masuk dalam jaminan garansi tersebut. Semisal produk diterima dalam keadaan rusak, salah produk  dan sebagainya.

Carilah Penjual Yang Fast Response Dan Ramah

5 Tips Aman Wisata Belanja Online
Biasanya penjual akan memberikan deskripsi produk, cara belanja, cara pembayaran, pilihan pengiriman dan sebagainya. Sayangnya terkadang ada penjual yang kurang lengkap mencantumkannya. Bisa jadi konsumen ingin menawar harga, karena membeli dalam partai besar.

Pertanyaan seputar produk, negosiasi harga dan sebagainya akan ditanyakan konsumen kepada penjual. Tidak semua penjual online memberikan pelayanan yang fast response, atas segala pertanyaan calon konsumennya. Kondisi ini seringkali membuat calon pembeli malas dan lebih memilih mengunjungi toko online lainnya.

Untuk itu, carilah penjual online yang cepat dalam menjawab segala pertanyaan Anda. Sebagai pertanda kalau penjual sangat profesional. Pelayanan yang ramah, tentunya sangat diinginkan pembeli. Tapi pastikan Anda memperhatikan jam operasional toko online tersebut. Kalau mengirimkan pertanyaan saat di luar jam kerja, tentunya responsnya lambat. Jadi jangan lupa selalu memperhatikan tips aman wisata belanja online ini.

Pastikan Kredibilitas Toko Online Atau Belanja Di Marketplace Terpercaya

5 Tips Aman Wisata Belanja Online
Keberadaan toko online semakin banyak. Kondisi tersebut merupakan kabar baik atas perkembangan bisnis online. Sayangnya tidak seluruh penjual online bisa dipercaya. Segelintir oknum nakal memanfaatkan kelengahan konsumen untuk menipunya.

Jadi pastikan kredibilitas toko online, sebelum memutuskan untuk berbelanja. Carilah review di internet berhubungan dengan online store tersebut. Kalau sudah yakin sangat terpercaya bisa melakukan transaksi pembelian.

Solusi lain selain berbelanja di toko online, Anda bisa juga mengandalkan marketplace yang semakin banyak pilihannya. Salah satu yang terbukti sangat terpercaya dan 100% aman adalah Bukalapak. Untuk kemudahan berbelanja sudah tersedia juga aplikasi untuk smartphone. Jaminan uang kembali 100% akan diberikan kepada pembeli atau konsumen. Apabila penjual tidak mengirimkan barang dalam jangka waktu empat hari.

Sebelumnya Anda harus membuat akun di marketplace tersebut. Kemudian baru bisa melakukan transaksi pembelian. Sesudah pembeli mengirimkan transfer uang sesuai harga barang dan ongkos kirim yang ditetapkan, pembeli tinggal menunggu pengiriman barang pesanannya.

Bukalapak memberikan kepastian kenyamanan dan keamanan bagi penjual dan pembeli. Sebagai jembatan dalam transaksi bisnis ini, Bukalapak berkomitmen untuk menghadirkan pelayanan terbaik kepada semua pihak. Sehingga tidak ada yang merasa dirugikan. Penjual mendapatkan keuntungan atau profit dan kesuksesan bisnis, sedangkan pembeli mendapatkan barang sesuai impiannya.

Berbagai promo khusus sering digelar oleh marketplace ini. Tujuannya agar konsumen bisa menemukan barang sesuai idaman dengan harga khusus. Potongan harga, bebas ongkos kirim dan sebagainya biasanya diberikan para pelapaknya. Semisal Pelapak Deiye Craft, yang menawarkan aneka gelang kulit dan gantungan kunci custom.

Tentunya sangat sayang melewatkan momen istimewa tersebut. Mari menjadi konsumen cerdas, dengan mengetahui dan memperhatikan kelima panduan belanja online di atas. Tips aman wisata belanja online ini pastinya sangat membantu Anda yang ingin mendapatkan barang berkualitas, tapi dengan harga bersahabat.

Baca Juga

Gelang Kulit Nama Disukai Anak Muda







Komentar